5 Cara Membuat Website Gratis

Di era digital seperti sekarang ini, website menjadi salah satu platform terbaik untuk menyampaikan informasi, melakukan pemasaran, atau mendapat pemasukan tambahan. Untungnya lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun karena ada banyak cara membuat website gratis yang mudah.

Cara Membuat Website Secara Gratis

Sebagian besar dari Anda pasti bertanya-tanya, berapa biaya untuk membuat web? Kemudian, apakah ada website gratis? Ternyata, jawabannya ada. Anda dapat membuat website tanpa mengeluarkan biaya apapun dengan WordPress.com.

Website ini bisa Anda pakai untuk selamanya dan dapat diakses lewat HP. Karena kemudahan inilah, sebuah survei menunjukkan bahwa 34,5% website di dunia menggunakan WordPress. Anda pasti sudah sangat penasaran apa langkah membuat website gratis? Berikut penjelasannya.

  1. Tentukan Jenis Website

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis website. Meskipun terdengar klise, tapi langkah ini tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, Anda akan menemui banyak pilihan saat proses mendesain website.

Mulai dari sisi teknis, seperti bandwidth, hosting, disk space, dan lain sebagainya perlu Anda pertimbangkan dengan baik. Selain itu, ada aspek lain yang harus diperhatikan, seperti langganan newsletter, plugin, kolom, slider, widget, dan tema.

Berikut beberapa jenis website yang bisa dijadikan pilihan.

  • Website pribadi, dimiliki oleh seseorang yang memiliki opini terkait suatu hal atau pengalaman
  • Blog, menampilkan informasi terbaru yang up-to-date
  • Website instansi, dimanfaatkan oleh pemerintah dalam rangka penyebaran informasi kepada publik
  • Website berita, memaparkan berita aktual baik dalam lingkup nasional maupun regional
  • Toko online, digunakan sebagai media marketing guna memberi informasi dan menarik minat pelanggan 
  1. Mengatur Domain dan Hosting

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah mengatur domain dan hosting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, website berbasis WordPress.com memang dapat digunakan secara gratis. Namun, hal ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang.

Bila Anda ingin membangun website yang profesional, menggunakan domain dan hosting gratis akan menjadi penghambat. Pasalnya, tema dan kustomisasi tampilan sangat terbatas, tidak tersedia plugin, terdapat iklan yang tidak diinginkan, dan masih banyak keterbatasan lainnya.

Untuk mengoptimalkan website Anda, disarankan menggunakan WordPress.org yang sifatnya open source, bisa dimodifikasi, bebas digunakan, dan memiliki segudang pilihan tema. Namun, Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk berlangganan hosting dan domain yang memudahkan akses website.

Berikut beberapa ekstensi domain yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pilihan:

  • .ID, cocok untuk website profesional maupun personal yang berbasis di Indonesia. Biayanya sekitar Rp200.000/tahun
  • .ORG, cocok untuk website organisasi. Biayanya berkisar di angka Rp175.000/tahun
  • .NET, cocok untuk agensi kreatif, website jaringan, dan institusi. Harganya adalah Rp155.000/tahun
  • .COM, sangat disarankan untuk website komersial. Harganya juga cukup terjangkau, yakni Rp125.000/tahun
  • .CO.ID, bisa dipakai untuk website organisasi, perusahaan, dan instansi. Harga sewanya adalah Rp110.000/tahun
  • .XYZ, cocok untuk blog pribadi. Biayanya sekitar Rp18.000/tahun
  • .ONLINE, dapat digunakan untuk toko online, web personal, dan jasa layanan internet. Anda hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp15.000/tahun untuk menyewa domain ini
  • .SITE, dapat digunakan untuk website personal maupun toko online. Biayanya mulai dari Rp14.000/tahun

Jika kamu belum memiliki domain dan hosting, klik tombol dibawah ini untuk mendapatkan promonya dengan harga termurah.

  1. Install WordPress

Cara membuat website gratis yang paling penting adalah mengunduh dan melakukan instalasi WordPress. Setelah memasukkan paket domain dan hosting, Anda akan dibawa ke halaman fitur pendukung, seperti website builder, rekomendasi privasi, dan fitur keamanan bersertifikat SSL.

Untuk mengunduh WordPress, Anda dapat membuka Google Play Store, App Store, maupun mencari link download dari website terpercaya. Kemudian, buat akun dengan mencentang beberapa fitur yang Anda inginkan dan selesaikan pembayaran.

Lantas, bagaimana cara membuat website sendiri? Berikut penjelasan selengkapnya terkait cara install WordPress.

  • Pertama, buka cPanel dengan cara menambah /cpanel pada alamat website. Misalnya, namadomain.net/cpanel
  • Kemudian, daftar dengan memasukkan username beserta password-nya
  • Di kolom pencarian, ketik Softaculous Apps Installer, kemudian klik dua kali
  • Ketik WordPress dan pilih Install
  • Setelah itu, isi informasi yang diminta sesuai kolomnya
  • Kemudian, klik tombol Install yang ada di bagian bawah halaman
  1. Install Tema

Setelah itu, Anda perlu melakukan instalasi tema agar tampilan web lebih menarik. Jika diperhatikan, terdapat banyak pilihan tema yang bisa di-install di bagian bawah jalaman Softaculous. 

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh tema secara langsung lewat dashboard WordPress. Caranya juga sangat mudah, yakni:

  • Buka WordPress, kemudian pilih Dashboard
  • Klik Appearance dan pilih Themes
  • Selanjutnya, klik tombol Add New yang ada di bagian atas halaman
  • Cari tema yang Anda inginkan dan klik tombol Install

Jika Anda sudah mencari tema terlebih dahulu di WordPress Directory, Anda dapat langsung meng-upload tema tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, buka WordPress dan beralihlah ke Dashboard
  • Lalu, klik Appearance > Themes > Add New
  • Setelah itu, Anda dapat memilih opsi Upload Theme
  • Pilih file tema dalam ekstensi. ZIP dan klik Install Now

Setelah itu, Anda dapat menunggu beberapa saat hingga tema terinstal. Anda juga bisa melihat tema terlebih dahulu dengan menekan tombol Live Preview. Bila sudah yakin dengan tema pilihan Anda, aktifkan ke web dengan mengetuk tombol Activate.

Jika kalian ingin membuat website untuk landing page atau company profile, Anda bisa menggunakan Theme Blocksy, karena fiturnya yang lengkap dan juga ringan. Tapi jika untuk jualan, kamu bisa menggunakan theme toko online lokal yang fiturnya sudah lengkap, misalnya seperti tokopress dan cepatlakoo. Anda juga bisa menggunakan jasa pembuatan toko online dari Temco jika ingin semuanya teroptimasi mulai dari hosting, template dan fitur yang diinginkan lainnya.

  1. Pasang Plugin

Cara membuat website gratis yang terakhir adalah dengan memasang plugin. Dengan adanya plugin, Anda bisa membuat segalanya menjadi mungkin. Mulai dari menambahkan fitur chat, membuat sistem keamanan, menjadikan website mobile friendly, dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perubahan terhadap desain, social media, tampilan share button, hingga enforce SSL dan maintenance. Untuk melakukan instalasi plugin, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Pertama, buka WordPress dan klik menu Plugins
  • Kemudian, pilih Add New dan cari plugin yang Anda butuhkan
  • Jika sudah ketemu, tekan tombol Install Now

Kemudian, Anda dapat menunggu beberapa saat hingga hingga muncul tombol activate. Lakukan kustomisasi dan pengaturan sebentar, barulah plugin siap beroperasi. Jangan lupa juga untuk install plugin SEO seperti Rank Math atau Yoast untuk optimasi SEO On Page.

Alasan Menggunakan WordPress

Setelah melihat cara membuat website gratis di atas, apakah Anda masih kurang yakin dengan penggunaan WordPress? Pasalnya, memang banyak platform blog dan CMS yang bisa Anda pilih. Agar tidak penasaran, berikut beberapa alasan WordPress lebih disukai.

  1. Cocok untuk pemula, karena tampilan antarmuka WordPress terbilang cukup sederhana, sehingga siapapun bisa mengatur, membuat, dan mempublikasikan konten di WordPress
  2. Gratis dan open-source, WordPress dapat diakses tanpa biaya sepeserpun dan mudah dimodifikasi
  3. Dapat membuat berbagai jenis web, mulai dari statis hingga dinamis, dari portofolio hingga toko online, atau dari full tulisan hingga gambar HD
  4. SEO friendly, karena mempunyai pengaturan bawaan yang menjalankan prinsip-prinsip SEO
  5. Dapat menampilkan keunikan brand dan melakukan personalisasi tampilan, karena adanya fitur plugin dan tema
  6. Mendukung berbagai jenis media, seperti foto, audio, video, tulisan, hingga animasi interaktif

Setelah mengetahui cara membuat website gratis dari Temco, Anda hanya perlu melakukan optimasi SEO, web, dan kecepatan. Jika semua cara sudah Anda lakukan dengan baik, buat konten artikel secara rutin agar website Anda dapat bertengger lama di Google.

No comments yet

Leave a Reply