5 Cara Menemukan Jasa Pembuatan Website Terbaik Sesuai Kebutuhan

Website adalah salah satu media promosi online terpenting yang harus dimiliki para pengusaha. Kini tak perlu susah payah membuat website sendiri. Cukup gunakan jasa pembuatan website terbaik dari pihak ketiga seperti Temco ini. Lalu, bagaimana cara memilih penyedia jasa website terbaik? Simak tipsnya berikut ini.

Jenis-Jenis Penyedia Jasa Pembuatan Website

Sebelum membahas jenis-jenisnya, memangnya apa itu jasa pembuatan website? Singkatnya, jasa pembuatan website adalah sebuah layanan yang memungkinkan seseorang memesan website tertentu sesuai keinginan. Ada 2 jenis penyedia jasa website, yaitu freelancer dan perusahaan.

  1. Freelancer

Freelancer adalah tenaga lepas yang menawarkan jasa tertentu kepada klien. Biasanya freelancer bekerja secara individual dan tidak terikat dengan perusahaan atau agensi manapun. Kebanyakan freelancer merupakan pelajar, mahasiswa, atau karyawan yang sekadar bekerja sampingan.

Untuk freelancer yang melayani jasa pembuatan web, maka dia akan mengerjakan pesanan web klien sendirian. Mulai dari pembuatan konsep, pengerjaan coding, hingga proses finishing dan pemeliharaannya. Namun, tak menutup kemungkinan juga jika freelancer memiliki tim tersendiri.

Anda bisa mencari freelancer pembuatan website di berbagai marketplace freelancer. Biasanya mereka juga mempunyai web berisi portofolio kerja yang bisa diakses di internet. Coba hubungi kontak bersangkutan untuk mengetahui lebih lanjut tentang jasa yang ditawarkan.

  1. Perusahaan

Berbeda dengan freelancer yang bekerja secara independen, perusahaan yang melayani jasa website berarti terikat dengan manajemen perusahaan, misalnya seperti website Temco yang  Anda kunjungi ini. Jadi, terdapat pakem tersendiri yang biasanya diberlakukan perusahaan, termasuk dalam menentukan berapa harga jasa pembuatan website?

Biasanya perusahaan pembuatan website memiliki tim khusus untuk mengerjakan proyek klien. Mulai dari tim marketing yang berkomunikasi langsung dengan klien. Lalu programmer yang fokus mengerjakan coding, serta Content Writer dan SEO Specialist yang menangani konten website.

Perusahaan atau digital agency semacam ini biasanya tersebar di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Jogja dan Bandung. Meskipun ada di kota-kota besar, Anda tetap bisa memanfaatkan jasa mereka dengan cara pemesanan online. Jadi, tidak harus mendatangi kantornya secara langsung.

Perbedaan Membuat Website di Freelancer dan Perusahaan

Dari kedua jenis penyedia jasa website di atas, kira-kira Anda lebih tertarik yang mana? Atau, masih belum mempunyai gambaran? Berikut perbedaan jasa website dari freelancer dan perusahaan yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih salah satunya.

  1. Jasa yang Ditawarkan

Dari jenis jasa yang ditawarkan, biasanya jasa pembuatan web dari freelancer cenderung fleksibel. Sehingga kita bebas request konsep website seperti apa yang kita inginkan. Tak heran, banyak orang yang mengerti teknik pembuatan website lebih memilih jasa freelancer. 

Sedangkan jasa website dari suatu perusahaan biasanya sudah terstruktur dalam pakem-pakem tertentu. Atau biasanya tersedia beberapa paket yang bisa dipilih klien sesuai kebutuhan. Misalnya, paket website company profile, e-commerce, dan sebagainya.

Masing-masing paket tersebut memiliki fasilitas dan harga layanan yang berbeda-beda. Jadi, klien bisa langsung memilih paket yang paling tepat. Biasanya perusahaan juga menyedikan contoh website beserta live demo-nya, sehingga kita bisa mempunyai gambaran tentang paket website yang dipilih.

  1. Layanan Tambahan

Layanan tambahan dalam jasa website biasanya meliputi pembuatan email perusahaan, fitur live chat, hingga iklan Google dan plugin lainnya. Semua fasilitas tambahan ini biasanya jarang diberikan oleh freelancer. Sehingga, jika Anda request fitur-fitur tersebut, bisa jadi Anda akan dikenai biaya tambahan.

Sebaliknya, beberapa perusahaan jasa website biasanya memberikan layanan tersebut dalam paket yang ditawarkan. Tapi, tidak semua perusahaan ya! Perhatikan secara detail paket website yang ditawarkan setiap perusahaan dan cek apakah mereka memberikan layanan ekstra tersebut.

  1. Prosedur Pengerjaan

Dari segi pengerjaan website, freelancer cenderung fleksibel. Biasanya Anda hanya perlu mendiskusikan kapan tenggat waktu pengerjaan web yang telah dipesan. Sehingga jika di tengah-tengah Anda tiba-tiba meminta fitur tambahan tertentu, freelancer cenderung menyanggupinya.

Sementara untuk jasa web perusahaan biasanya memiliki prosedur khusus sesuai rundown. Mulai dari brainstorming, pengerjaan teknis, pengisian konten, hingga revisi. Jadi, Anda harus mengikuti runtutan pengerjaan tersebut tanpa serta merta meminta ganti pengerjaan.

  1. Sistem Keamanan

Karena bergantung pada hosting klien, biasanya sistem keamanan website yang dibuat oleh freelancer kurang terjamin.

Sedangkan perusahaan jasa website lebih berani dalam menjamin sistem keamanan website kliennya. Mulai dari penyediaan server,back-up data, hingga perlindungan terhadap virus, dan lain-lain.

  1. Dukungan Teknis dan Pemeliharaan Web

Kebanyakan jasa website freelancer bersifat beli-putus, sehingga mereka tidak melayani pemeliharaan tertentu jika nantinya ada masalah dengan website. Beda halnya dengan perusahaan jasa website yang memberikan dukungan teknis dan pemeliharaan secara penuh kepada klien.

  1. Biaya Jasa

Dari segi biaya, harga layanan freelancer cenderung lebih murah, karena sumber daya dan layanan yang terbatas. Sedangkan jasa website perusahaan cenderung lebih mahal dan biasanya dibayar secara berlangganan. Namun, harga tersebut setimpal dengan dukungan teknis yang diberikan.

Cara Menemukan Jasa Pembuatan Website Terbaik

Setelah mengetahui beberapa perbedaan jenis penyedia jasa website di atas, sekarang waktunya memilih layanan pembuatan website yang tepat. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan jasa website terbaik sesuai kebutuhan Anda.

  1. Pilih Jenis Penyedia Jasa Web Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda filter adalah jenis penyedia jasanya. Seperti disebutkan di atas, ada 2 jenis penyedia yang bisa Anda pilih, yaitu freelancer dan perusahaan. Baca kembali poin-poin perbedaan kedua jenis penyedia tersebut dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda baru pertama kali membuat website dan tidak terlalu mengharap konversi, sebaiknya pilih jasa freelancer yang lebih hemat. Namun, jika Anda berencana membuat web profesional untuk meningkatkan penjualan dan kredibilitas perusahaan, sebaiknya pilih jasa website dari perusahaan.

  1. Temukan Penyedia Jasa Web Profesional dan Kredibel

Setelah memilih jenis penyedianya, sekarang waktunya memilih vendor atau developer yang melayani jasa pembuatan web. Bagaimana caranya? Lakukan penelusuran di internet dan beberapa marketplace freelancer, lalu analisa layanan yang ditawarkan.

Lihat secara detail paket website beserta fasilitas apa saja yang ditawarkan, berapa harga jasa pembuatan company profile? Serta berapa lama untuk membuat website? Bandingkan juga bagaimana portofolio yang pernah dibuat serta bagaimana testimoni klien sebelumnya.

  1. Komunikasikan Kebutuhan yang Anda Inginkan

Setelah menelusuri beberapa vendor, coba pilih beberapa kandidat yang paling menarik. Misalnya 3-5 vendor. Segera hubungi tim marketing bersangkutan dan komunikasikan website yang Anda inginkan. Baik itu web company profile ataupun web ecommerce alias website toko online.

Tanyakan juga secara detail layanan yang mereka tawarkan, termasuk fasilitas dan dukungan teknis apa saja yang diberikan. Sehingga Anda bisa menjadikannya pertimbangan.

  1. Pilih Harga Layanan Sesuai Anggaran 

Setelah mendapatkan informasi yang cukup dari masing-masing vendor, sekarang Anda bisa memilih berdasarkan harga yang ditawarkan. Pilih layanan website yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, tapi sesuaikan juga dengan jumlah anggaran yang Anda miliki.

  1. Follow-Up Secara Rutin Saat Pengerjaan Web

Jika sudah menemukan vendor yang tepat, sekarang waktunya dealing dan proses pengerjaan. Lakukan follow-up secara rutin agar website pesanan Anda bisa diselesaikan sesuai permintaan. Tapi, tetap perhatikan prosedur yang telah disepakati, misalnya jangan minta revisi sembarangan.

Kesimpulan

Itulah 5 cara menemukan jasa pembuatan website terbaik sesuai kebutuhan. Ingat, jangan asal pilih vendor pembuatan website jika tidak ingin hasilnya sembarangan. Pastikan memilih jasa profesional yang telah berpengalaman dan sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan.

Leave a Reply