9 Cara Optimasi SEO On Page Untuk Menaikkan Traffic

Agar suatu website bisa menempati peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian, Anda perlu memperhatikan banyak faktor. Dalam hal ini, SEO terbagi menjadi 2 jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page. Lalu, apa dan bagaimana cara optimasi SEO on page? Simak penjelasan berikut.

Apa yang Dimaksud dengan SEO on page?

Apa itu SEO on page? SEO on page merupakan cara pengoptimalan SEO yang diaplikasikan pada konten yang siap diterbitkan. Atau dapat juga diartikan sebagai cara pengoptimalan SEO dalam menaikan kualitas konten agar lebih mudah dipahami para pembaca.

Cara ini berfokus pada beberapa faktor dalam konten. Selain akan menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami pembaca, SEO on page juga akan memudahkan kinerja mesin pencari dalam memahami isi konten dalam blog Anda.

Terdapat juga beberapa tujuan lain dari optimasi SEO ini, berikut di antaranya:

  1. Mendapatkan traffic. Hal ini akan mempengaruhi popularitas situs Anda
  2. Meningkatkan konversi. Manfaat ini pas untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis
  3. Mendapatkan pengunjung baru. Pengunjung datang untuk mendapatkan informasi yang diinginkan
  4. Meningkatkan brand awareness. Pengunjung akan mudah mengingat situs Anda.

Setelah mengetahui tujuan di atas, lalu bagaimana cara mengoptimalisasi SEO on page dan SEO off page?

Cara Optimasi SEO On Page

Beberapa manfaat di atas tentu bisa Anda dapatkan dengan melakukan beberapa cara. Berikut ini akan disajikan beberapa cara optimasi SEO on page yang dapat dilakukan pada situs Anda.

  1. Judul Konten yang Menarik

Saat orang-orang mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian Google, maka akan muncul judul dengan deskripsi singkat pada hasil pencariannya. Hal inilah yang perlu Anda jadikan peluang. Buatlah judul konten yang semenarik mungkin untuk menggaet minat pengunjung.

Tambahkan kata sifat atau angka pada judul konten agar terlihat lebih menarik. Penelitian menyebutkan, judul yang memuat angka bisa menghasilkan performa 45% lebih tinggi jika dibandingkan dengan judul tanpa angka. Caranya, Anda bisa meniru contoh berikut.

  • 25 Destinasi Wisata Jogja yang Sayang jika Dilewatkan
  • 40 Resep MPASI Sehat, Murah, dan Mudah
  • Bagaimana Cara Daftar Vaksin? Berikut Tahapan Lengkapnya!
  • Intip 10 Hal yang Perlu disiapkan Untuk Menjadi Food Blogger!

Namun, tak semua konten dapat Anda selipkan angka pada judulnya. Beberapa konten memang hanya perlu mendeskripsikan isinya.

  1. Gunakan Heading dan Subheading

Agar konten yang Anda sajikan dapat dengan mudah dipahami oleh pengunjung, maka Anda perlu menampilkannya secara terstruktur. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan heading dan subheading.

Hal ini difungsikan untuk memecah artikel menjadi bagian-bagian yang terpisah. Heading dan subheading layaknya bab dan subbab dalam suatu karya tulis. Dengan menggunakan heading dan subheading ini, pembaca tentunya akan lebih menemukan poin penting yang dibutuhkan.

  1. Gunakan LSI Keyword

Satu lagi cara optimasi SEO on page yang perlu Anda lakukan adalah mengulang keyword utama dalam sebuah konten. Namun, mengulangnya secara berlebihan juga bukan merupakan hal yang baik. Keyword yang diulang secara berlebihan akan dianggap spam oleh Google.

Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa menggunakan LSI keyword. LSI keyword merupakan kata kunci turunan yang masih memiliki makna yang serupa dengan keyword utama.

Namun, kata kunci yang disediakan keyword tool merupakan hasil penyeragaman beberapa keyword yang serupa. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan variasi kata kunci.

Variasi kata kunci inilah yang disebut dengan LSI keyword. Untuk mencarinya, Anda bisa memanfaatkan layanan LSIGraph.

  1. Sisipkan Internal Link

Internal link merupakan tautan yang ditambahkan agar bisa diarahkan ke konten lainnya. Jenis link ini penting untuk ditambahkan agar pembaca dapat dengan mudah berpindah ke konten selanjutnya.

Internal link juga dapat memudahkan sistem pencari untuk memahami hubungan tiap halaman dalam konten. Google akan lebih mengutamakan situs dengan konten yang saling berhubungan.

  1. Pilih Tema yang Responsif

Hal ini maksudnya, pilihlah tema yang dapat dibuka di semua perangkat, seperti tablet, perangkat desktop, atau perangkat mobile. Pilihlah tema yang bisa responsive dan dapat berjalan baik di semua jenis perangkat.

Namun, tak semua tema pada WordPress bisa responsive. Maka, Anda perlu memperhatikan dengan teliti tema yang diangkat untuk situs Anda. Untuk solusinya, Anda bisa menggunakan Google Mobile First Index untuk membuat situs yang mobile friendly.

  1. Letakkan Keyword Utama pada 100 Kata Awal

Paragraf pertama dalam konten Anda perlu memberikan kesan yang baik untuk pembaca. Letakkan keyword utama di paragraf awal agar pembaca tertarik dengan konten yang Anda buat. Konten yang to the point tentunya akan lebih nyaman dibaca.

Namun, tak semua konten baik untuk diterapkan metode ini. Beberapa bahasan artikel hanya perlu menampilkan deskripsi yang sesuai dan menarik di awal paragrafnya.

  1. Tambahkan Elemen Visual

Artikel yang berisi teks saja tentunya akan terasa  lebih membosankan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menambahkan beberapa elemen visual, seperti gambar dan video.

Tambahkan gambar atau video pada penjelasan yang bersifat deskripsi, agar pembaca lebih nyaman membacanya.

Menurut Vidyard, artikel yang diberi tambahan video dapat menaikkan kesempatan muncul pada halaman pertama pencarian Google sebesar 53 kali lebih tinggi.

  1. Gunakan Permalink Sederhana

Selain cara di atas cara optimasi SEO on page berikut ini bisa juga Anda coba. Permalink yang sederhana dapat memudahkan sistem pencari untuk mengenali topik yang Anda angkat. Baiknya, permalink cukup mengandung keyword utama yang Anda gunakan saja.

Misalnya, keyword yang Anda gunakan adalah “cara optimasi seo on page”, maka permalink yang bisa Anda gunakan adalah seperti contoh berikut.

https://www.temco.co.id/cara-optimasi-seo-on-page/

Jika WordPress merubah permalink Anda secara otomatis, Anda masih bisa mengaturnya secara manual. Caranya dengan membuka bagian dashboard lalu pilih setting kemudian klik permalink. Lalu ubah struktur permalink menjadi Post Name lalu klik save.

  1. Meningkatkan Kecepatan Website

Para pengunjung tentunya akan lebih menyukai website yang dapat dengan cepat diakses. Lambatnya loading pada website tentunya akan mempengaruhi kualitas SEO Anda. Pengunjung akan lebih mudah meninggalkan website, hal ini bisa membuat bounce rate jadi meningkat.

Anda bisa memanfaatkan beberapa tools di bawah ini untuk meningkatkan kecepatan website atau blog Anda.

  1. Geek Flare
  2. Load Impact
  3. Webpage Test
  4. Chrome DevTools
  5. GTMetrix

Jika Anda mencari jasa pembuatan website yang sudah teroptimasi SEO dan speed websitenya bisa ke Temco.

Cara Optimalisasi SEO Off Page

Berikut ini beberapa cara optimasi SEO off page yang dapat Anda lakukan:

  1. Link building. Hal ini dilakukan dengan menambahkan tautan website lain yang mengarah ke website milik Anda.
  2. Memanfaatkan anchor text. Hal ini digunakan untuk menilai keterkaitan antara tautan yang dilampirkan dengan keyword yang digunakan
  3. Menambahkan identitas bisnis ke dalam listing bisnis
  4. Bagikan di media sosial
  5. Tambahkan kolom ulasan produk untuk meningkatkan kepercayaan.

Beberapa cara dari Temco di atas dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas situs yang Anda kelola. Gunakan beberapa fitur, website, atau tools yang tersedia untuk memudahkan cara optimasi SEO on page ini.

Leave a Reply