Hashtag Adalah: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Manfaatnya

Tagar atau hashtag adalah simbol pagar (#) yang sering digunakan dalam postingan media sosial seperti di facebook, twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Hashtag merupakan penanda atau penyatu berbagai jenis postingan yang memiliki topik serupa.

Beberapa diantara Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa para pengguna media sosial kerap menggunakan simbol pagar ini? Sebenarnya apa yang dimaksud dengan hashtag? Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Hashtag

Dapat dikatakan bahwa hashtag adalah bentuk kata kunci yang tidak memiliki spasi serta berimbuh tanda pagar (#) di depan frasa atau kata tersebut. Contohnya adalah #Indonesia atau #IndonesiaMerdeka. Tagar terdiri dari satu atau beberapa kata kunci yang disatukan tanpa spasi.

Mengapa disebut sebagai kata kunci? Karena fungsi tagar hampir sama dengan keyword yang kerap Anda tuliskan saat hendak mencari informasi di mesin pencari (Google). Pengguna media sosial juga menggunakan tagar untuk mencari suatu informasi yang ada dalam platform media sosial tertentu.

Jadi tanda pagar untuk apa? Tujuan utama dari simbol pagar atau hashtag ini adalah untuk mengelompokkan seluruh konten media sosial ke dalam topik yang sama secara spesifik. Misalnya #DigitalMarketing, maka isi kontennya hanya berhubungan dengan topik digital marketing.

Dengan begini, pengguna media sosial akan lebih mudah dalam mencari, mengkategorikan, dan menemukan suatu konten yang mereka inginkan di kanal sosial media.

Jenis-Jenis Hashtag

Istilah hashtag memang sudah lekat dengan semua platform media sosial dan platform distribusi konten seperti YouTube dan TikTok. Penggunaan hashtag adalah untuk membantu persebaran konten dalam platform tertentu agar dapat dibaca atau ditonton oleh banyak audiens.

Adapun jenis-jenis hashtag yang biasa digunakan di media sosial antara lain:

  1. Hashtag Trending

Jenis hashtag ini hanya bersifat sementara namun memiliki volume pencarian yang sangat besar. Penggunaan tagar ini hanya berlangsung secara singkat dan berlaku pada momentum tertentu. Seperti tagar #HUTKemerdekaanRI yang hanya berlaku saat momentum hari kemerdekaan RI saja.

Jadi salah satu cara membuat konten agar bisa ditonton oleh banyak audience (engagement tinggi) adalah dengan memanfaatkan tagar trending dikala momen-momen tertentu. 

  1. Hashtag Brand

Tagar ini bertindak sebagai slogan bisnis, nama bisnis, lokasi bisnis, campaign, dan bentuk perwujudan branding lainnya yang bertujuan untuk mengenalkan atau mengajak audiens agar terlibat dalam suatu bisnis tertentu. Atau bisa juga dari nama website toko online Anda.

  1. Hashtag Industri

Hashtag industri berfungsi sebagai penyatu konten-konten dalam segmen tertentu yang bersifat spesifik dan relevan dengan industri tertentu. Misalnya #ekonomi #finansial #website #makanan, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Hashtag

Setelah mengetahui jenis-jenis hashtag di atas, ternyata cara kerja tagar di setiap media sosial cenderung tak sama. Lantas bagaimana cara hashtag bekerja di setiap kanal media sosial? Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

  1. Hashtag di Instagram

Ketika Anda mengunggah suatu konten dan menyematkan tagar tertentu dalam postingan tersebut, maka konten Anda akan tercatat sebagai salah satu ‘anggota’ dari tagar tersebut. 

Misalnya jika Anda menggunakan tagar brand katakanlah #abc, maka setiap audiens yang melakukan klik pada tagar tersebut akan diarahkan ke seluruh konten produk yang berhubungan dengan entitas atau brand tersebut.

Sama halnya dengan penggunaan tagar trending maupun tagar industri. Ketika Anda menambahkan hashtag-hashtag tertentu, maka konten Anda sudah terhimpun dalam satu kelompok tagar tersebut. 

Semisal Anda mengunggah konten makanan dengan tagar #healthyfood, secara otomatis postingan Anda akan tergabung dalam tagar tersebut bersama seluruh konten yang memiliki hashtag yang sama.

Setiap audiens yang melakukan pencarian #healthyfood akan dihadapkan dengan seluruh konten bertagar serupa dari seluruh penjuru dunia, selama akun pengguna tidak dikunci atau di-private

Postingan yang paling tinggi engagement nya akan muncul dalam kategori Top Post, sedangkan unggahan yang baru di-post akan masuk ke kolom Recent.

  1. Hashtag di Twitter

Agak berbeda dengan hashtag di Instagram, cara kerja hashtag di Twitter terbagi ke dalam 5 kategori terpisah yakni Top, Latest, People, Photos, dan Videos. Kelima kategori tersebut terpisah dalam tab yang berbeda dengan rincian penjelasan sebagai berikut.

  • Top, merupakan tagar yang berisi cuitan atau tweets (istilah ‘postingan’ dalam Twitter) yang memiliki jumlah engagement (retweet, like, comment) paling besar. Seringnya tab ini berisikan tweets dari akun-akun yang sudah banyak dikenal masyarakat seperti suatu instansi maupun tokoh-tokoh berpengaruh.
  • Latest, berisi kumpulan tweets terbaru dari seluruh pengguna Twitter tanpa memandang status atau derajat tiap-tiap pengguna 
  • People, berisikan nama akun yang sesuai dengan kata kunci tagar yang dicari. Dalam Twitter, Anda akan berjumpa dengan beragam nama akun yang sangat unik dan hampir mirip dengan frasa atau kata kunci
  • Photos, berisikan informasi foto atau gambar yang disertakan dalam suatu tweets dengan tagar yang sedang Anda cari
  • Videos, kumpulan tweets video dari kata kunci tagar yang sedang dicari. Misalnya Anda mencari tagar #lomba17an, maka Anda akan menemukan beberapa tweets dengan tagar tersebut beserta videonya

Ketika ada topik yang sedang trending pada hari atau jam tertentu biasanya akan muncul di bagian Trending Topic atau Trends for you

Biasanya tagar trending dalam Twitter tidak berlangsung lama, tidak sampai sehari tagar tersebut selalu tergantikan dengan tagar trending lainnya secara berkala.

  1. Hashtag di TikTok

Untuk cara kerja hashtag kali ini terbilang unik dan sedikit berbeda dari kedua tagar di atas. Selain untuk mengelompokkan konten-konten bertopik sama, fungsi tagar di TikTok juga dapat membantu mengundang banyak views, likes, dan followers

Jika Anda mengunggah konten dan menggunakan tagar yang sedang ramai, biasanya konten Anda cenderung banyak dilihat oleh beberapa pengguna TikTok non-followers. Fungsi tagar di TikTok juga membantu para pengguna dalam mencari konten-konten video yang mereka inginkan.

Biasanya tagar-tagar yang sedang ramai akan muncul di bagian Discover pada aplikasi TikTok. Tagar-tagar trending ini biasanya akan bertengger dalam waktu lama sampai momentumnya habis atau sampai muncul tagar trending terbaru yang lebih ramai dari sebelumnya.

Manfaat Hashtag

Setelah mengetahui cara kerja hashtag, berikut adalah manfaat penggunaan hashtag dalam pemasaran konten.

  1. Mempertemukan Konten dengan Target Audiens

Tagar bertujuan untuk mengelompokkan seluruh konten-konten media sosial sesuai dengan topik yang relevan. Hal ini sangat membantu persebaran konten Anda kepada target audiens dengan tepat. 

Jika Anda membangun bisnis online di media sosial, penggunaan tagar yang tepat akan sangat membantu pemasaran produk yang Anda tawarkan ke banyak audiens.

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Anda dapat memanfaatkan hashtag trending sebagai ajang promosi atau perkenalan brand kepada banyak target audiens non-followers. Caranya pemanfaatan hashtag adalah dengan membuat konten yang relevan dengan momentum yang sedang ramai pada saat itu.

  1. Menaikkan Engagement Konten

Bagi seorang content creator maupun pelaku bisnis online, metrik engagement seperti jumlah like, comment, share, save, dan lain-lain adalah hal yang penting dan sangat berpengaruh bagi kelangsungan content marketing

Semakin tinggi engagementnya maka akan semakin bagus pemasaran kontennya. Penggunaan tagar dipercaya mampu menaikkan jumlah engagement sebanyak 12% dibanding postingan yang tidak menyematkan tagar sama sekali.

Hashtag adalah salah satu komponen penting dalam content marketing. Penggunaan hashtag dengan strategi yang tepat dapat meningkatkan engagement konten media sosial dan membawa keuntungan bagi pelaku bisnis online.

Leave a Reply